Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 Opsi-opsi yang tersedia pada paket web hosting sangat luas, dan bisa sedikit membingungkan untuk dipahami - terutama karena opsi-opsi tersebut disajikan dalam banyak cara, dan diringkas dalam berbagai cara, saat berbelanja paket online. Mudah-mudahan saya bisa memberi Anda rincian kategori fitur-fitur ini dan membantu Anda untuk fokus pada fitur yang penting bagi Anda.


Saya membagi fitur-fitur tersebut ke dalam 10 kategori, dan akan membahas kategori satu per satu untuk memberi Anda pemahaman yang kuat tentang opsi-opsi dan membuat keputusan pembelian yang tepat.



10 Kategori Fitur Paket Web Hosting


1.       Sistem Operasi


2.       Server Web


3.       Bandwidth


4.       Ruang Disk


5.       Domain


6.       Email


7.       FTP


8.       Basis data


9.       Panel Kontrol


10.   Aplikasi / Pemrograman


1. Sistem Operasi


Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mendasari yang berjalan pada host. Sistem operasi mengelola perangkat keras fisik server dan mencoba mengoptimalkan penggunaan RAM, ruang disk, jaringan, dan CPU untuk permintaan yang masuk ke mesin. OS yang mendasarinya tidak harus sama dengan desktop Anda atau bahkan OS yang Anda gunakan untuk mengembangkan situs web Anda. Faktanya, karena sebagian besar fungsi manajemen digerakkan melalui GUI web, Anda mungkin tidak pernah tahu atau peduli apa itu sistem operasi server.


Sistem operasi utama yang akan Anda temukan saat berbelanja untuk layanan web hosting adalah Windows dan UNIX. Dengan Windows Anda akan melihat versi yang tersedia seperti Server 2003 atau Server 2008, dan dengan UNIX Anda akan melihat banyak merek Linux, biasanya CentOS, Debian, atau Redhat. Memilih antara UNIX dan Windows adalah keputusan penting, dan melibatkan banyak variabel, tetapi pada akhirnya itu hanya berarti memutuskan apakah Anda ingin membangun situs web Anda dengan teknologi open source atau dengan teknologi Microsoft.


Teliti aplikasi yang ingin Anda gunakan atau jalankan sebagai situs web Anda dan periksa untuk melihat apakah aplikasi tersebut memiliki persyaratan teknologi Microsoft (database MSSQL, database MSAccess, ASP, ASP.Net). Jika Anda tidak menemukan alasan yang mendesak untuk menggunakan Windows, maka UNIX kemungkinan besar akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda. UNIX menjalankan bahasa scripting open source sedikit lebih cepat dan juga sedikit lebih murah daripada Windows.


Ada beberapa sub-fitur spesifik dari sistem operasi yang mungkin penting bagi Anda.


Apakah Anda memerlukan server pribadi virtual? Ini memberi Anda sistem operasi virtual khusus untuk Anda sendiri, bukannya Anda berbagi OS dengan orang lain. Anda masih berbagi mesin dengan orang lain, tetapi ada dinding yang lebih ketat untuk menjamin bandwidth, CPU, dan memori Anda bahkan jika situs web di mesin yang sama terkena dampak besar. Ini juga memberi Anda pilihan konfigurasi yang bagus dengan segala sesuatunya karena ini adalah OS Anda sendiri.  Paket-paket ini lebih mahal daripada opsi bersama, tetapi layak jika seiring dengan pertumbuhan situs Anda.  Paket VPS yang paling bervariasi adalah jumlah RAM yang didedikasikan untuk Anda, jadi saya akan merekomendasikan untuk menggunakan paket terkecil dan memantau penggunaan RAM dari waktu ke waktu dan meningkatkan ke paket yang lebih besar sesuai kebutuhan.


Apakah Anda memerlukan sertifikat SSL khusus? Sebagian besar situs menawarkan sertifikat SSL bersama, yang tidak masalah untuk beberapa situs yang lebih kecil, tetapi jika Anda menjalankan situs e-niaga menengah atau besar, Anda memerlukan sertifikat khusus. Beberapa pembeli dibenarkan tidak akan mengirimkan informasi pribadi dan kartu kredit mereka tanpa jaminan sertifikat pribadi SSL yang valid. Juga beberapa aplikasi keranjang belanja memerlukan sertifikat khusus juga. Berhati-hatilah saat berbelanja untuk ini - beberapa layanan hosting mengatakan mereka memberikan sertifikat SSL dengan semua paket hosting mereka tetapi tidak secara eksplisit memberi tahu Anda bahwa itu adalah sertifikat bersama. Jika paket tidak menyertakan IP khusus, maka itu adalah sertifikat bersama.


Untuk mengelola situs Anda secara langsung dari jarak jauh, Anda mungkin perlu melakukan shell dengan UNIX atau Remote Desktop dengan Windows. Opsi shell UNIX kadang-kadang disebut sebagai SSH Shell, Secure Shell, atau telnet. Opsi-opsi ini hanya berguna bagi Anda jika Anda berniat melakukan pemeliharaan dan penyesuaian tingkat rendah, terutama dalam paket VPS. Dengan paket hosting yang bagus dengan panel kontrol berkekuatan tinggi, Anda tidak memerlukan salah satu dari opsi-opsi ini.


Anda mungkin melihat adanya kemampuan untuk menjadwalkan pekerjaan cron - ini adalah versi UNIX dari tugas-tugas terjadwal. Kemampuan ini hanya diperlukan jika Anda ingin menjalankan tugas-tugas terjadwal pada waktu-waktu yang ditetapkan, seperti pencadangan malam hari. Sebagian besar panel kontrol yang bagus menyediakan antarmuka untuk entri cron job, tetapi mereka juga menyediakan antarmuka untuk melakukan tugas-tugas pemeliharaan seperti backup. Anda mungkin tidak akan pernah memerlukan fitur ini.



2. Server Web


Perusahaan web hosting biasanya menawarkan server web Microsoft IIS atau Apache UNIX. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan hanya akan membuat perbedaan bagi Anda jika situs web yang Anda kembangkan atau aplikasi yang Anda jalankan memerlukan salah satunya. Apache, sebagai open source itu sendiri, memiliki hook yang sedikit lebih baik di dalamnya untuk menjalankan banyak sistem manajemen konten open source dan mesin blog berbasis PHP, PERL, dan Python, jadi gunakan Apache jika itu semua yang Anda butuhkan. Windows IIS juga memiliki sistem manajemen konten open source yang cukup baik dan mesin blog berdasarkan ASP dan ASP.Net, tetapi saya sarankan untuk tidak menggunakan aplikasi web PHP/PERL/Python pada Windows IIS - lihat diskusi di atas tentang sistem operasi untuk alasannya.


Sertifikat SSL di-host oleh server web, dan server web harus melakukan pemrosesan ekstra dari permintaan SSL HTTPS - harus mengenkripsi / mendekripsi dan memverifikasi data yang lewat antara klien dan server. Karena alasan ini, beberapa orang berpendapat bahwa Anda harus menghindar dari paket hosting web yang menawarkan sertifikat bersama SSL gratis untuk semua orang. Anda mungkin akan berbagi server dengan 100-an situs web lain yang membebani server secara berlebihan. Situs web yang dijalankan dengan baik hanya akan masuk ke mode SSL HTTPS untuk memasukkan data kartu kredit yang sebenarnya, bukan untuk seluruh situs web - tetapi Anda tidak tahu apakah situs web lain di server Anda dijalankan dengan baik.


3. Bandwidth


Ini adalah ukuran jumlah data yang ditransmisikan masuk/keluar dari situs web Anda, biasanya setiap bulan. Ingatlah bahwa situs web pada umumnya hanya mentransmisikan sejumlah kecil konten ke setiap pengguna, dan meskipun paket hanya menawarkan beberapa pertunjukan transfer sebulan, kemungkinan besar Anda tidak akan melebihi jatah Anda. Jika Anda melakukannya, maka situs web Anda benar-benar populer dengan ribuan pengunjung, dan Anda seharusnya menghasilkan aliran pendapatan yang bagus. Sebagian besar perusahaan web hosting akan menjelaskan apa hukumannya jika Anda melebihi jatah Anda - biasanya satu hingga dua dolar per gig, yang membuatnya lebih murah untuk meng-upgrade ke paket tertinggi berikutnya tentunya. Jika situs web Anda banyak menggunakan gambar atau multimedia, Anda mungkin memerlukan jatah bandwidth bulanan yang lebih besar dengan segera. Untungnya mereka semua menawarkan pengukur bulanan untuk melihat penggunaan bandwidth Anda sehingga Anda dapat merencanakan dengan tepat seiring dengan semakin populernya situs Anda.


Beberapa perusahaan hosting menawarkan paket bandwidth tak terbatas - berhati-hatilah terhadap hal ini. Tidak ada yang namanya bandwidth tak terbatas, jadi apa yang mereka jual adalah bandwidth tak terukur. Banyak dari mereka dengan penawaran tidak terukur akan menginformasikan kepada Anda setelah Anda membeli akun tentang kebijakan penggunaan yang dapat diterima mereka mengenai bandwidth dan ruang disk, melarang Anda melakukan backup 500gig setiap malam dari komputer pribadi Anda dan aktivitas semacam itu. Bahkan, banyak dari kebijakan ini juga menetapkan bahwa Anda harus meningkatkan ke paket yang lebih besar jika situs web Anda mulai melanggar bandwidth orang lain pada mesin yang dihosting bersama. Sekali lagi, ini bukan kebijakan yang buruk; jika Anda diberitahu tentang pelanggaran karena aktivitas situs web Anda, maka situs web Anda sangat populer sehingga aliran pendapatan Anda menutupi biaya tambahan dari paket yang lebih besar.


4. Ruang Disk


Ini adalah jatah byte pada hard drive yang diberikan kepada Anda untuk situs web Anda. Sebuah situs web besar dengan 100-an halaman dapat dengan mudah masuk ke dalam ruang gigabyte, jadi Anda sebenarnya tidak membutuhkan sebanyak itu untuk situs web biasa. Jika situs web Anda memiliki katalog ribuan item untuk dijual, disimpan dalam database dengan beberapa gambar masing-masing, maka Anda akan membutuhkan peningkatan ruang disk yang signifikan. Biasanya seiring dengan semakin populernya situs Anda dan kontennya, Anda akan meng-upgrade bandwidth terlebih dahulu, dan mendapatkan lebih banyak ruang disk bersama dengan paket yang di-upgrade.


Beberapa perusahaan hosting akan menyertakan ruang database dan ruang email Anda dalam jatah ruang disk ini, jadi rencanakanlah sesuai dengan bagaimana mereka memisahkan ruang tersebut.


Seperti halnya dengan bandwidth, banyak penyedia web hosting menawarkan ruang disk tak terbatas, dan tidak ada yang namanya ruang disk tak terbatas. Apa yang mereka jual adalah ruang disk tak terbatas, dengan kebijakan penggunaan yang dapat diterima. Sulit untuk melanggar kebijakan penggunaan yang dapat diterima dengan situs web normal, hanya dengan melakukan sesuatu di luar norma, seperti hosting dan situs ftp anonim dari file-file palsu.


5. Domain


Ini adalah jumlah alamat web yang dapat mengarah ke akun web hosting Anda. Hampir semua provider menawarkan sub domain, di mana situs utama Anda adalah YourSite.com dan Anda memiliki sub domain http://www.YourSite.Com dan files.YourSite.com. Banyak yang mengizinkan Anda untuk mengarahkan entri DNS yang di-host secara eksternal yang diarahkan ke folder akun Anda, tetapi beberapa tidak. Ini dapat disebut sebagai Add-on domain, dan sebagian besar akan menawarkan dalam salah satu paket mereka beberapa add-on domain. Hal ini memungkinkan Anda untuk membeli domain tambahan dan mengarahkannya ke folder terpisah dalam akun yang dihosting. Dengan cara ini Anda dapat menjalankan beberapa situs web, yang tampaknya sama sekali tidak terkait, untuk ditempatkan dan dikelola bersama secara fisik.


Banyak penyedia web hosting menawarkan satu atau bahkan beberapa domain gratis dengan akun mereka. Beberapa bahkan menawarkan domain gratis seumur hidup, menghemat 10 dolar setahun untuk domain. Pastikan dan belanjalah untuk opsi itu jika Anda ingin menghemat beberapa dolar setahun.


6. Email


Hampir semua penyedia web hosting menawarkan akun email, yang memberi Anda alamat email YourName@YourSite.com. Sebagian besar dari mereka juga menawarkan email berbasis web, akses POP dan IMAP, dan penyaringan spam. Perbedaannya adalah jumlah akun email yang mereka sediakan, total ruang disk atau per kotak surat, dan fitur-fitur canggih seperti manajemen daftar surat. Terserah Anda seberapa penting email bagi Anda dan situs web Anda - ada banyak penyedia email gratis di internet sehingga ini tidak pernah menjadi serangkaian fitur penting bagi saya.


Banyak penyedia web hosting menawarkan email tak terbatas, tetapi sekali lagi tidak ada hal seperti itu. Seiring dengan bertambahnya akun email Anda, bandwidth dan ruang disk yang digunakan juga akan bertambah, dan keduanya tidak terbatas. Jadi pada akhirnya Anda melanggar kebijakan penggunaan yang dapat diterima dan dipaksa untuk meningkatkan ke paket yang lebih besar - sekali lagi, bukan hal yang buruk jika situs web Anda yang berkembang dan menciptakan pendapatan untuk Anda.


7. FTP


FTP adalah protokol transfer file yang digunakan untuk mengirim dan menerima file bolak-balik ke situs web Anda. Fitur ini mungkin penting atau mungkin tidak penting bagi Anda, tergantung pada apakah Anda ingin server file hingga orang anonim melalui protokol ini. Sebagian besar situs web saat ini mengirimkan file melalui HTTP melalui situs web Anda, yang memungkinkan Anda untuk mengelola akses dan pengguna melalui situs web Anda, bukan melalui akun FTP.


8. Basis Data


Database adalah paket server yang menyusun data menjadi mudah untuk disimpan dan diambil. Database adalah salah satu item yang digunakan untuk membuat website dinamis seperti sistem manajemen konten dan mesin blog. Anda akan ingin memanfaatkan database juga jika Anda berniat membuat situs web ecommerce apa pun untuk menyimpan informasi pengguna Anda, katalog barang yang dijual, dan pesanan yang dilakukan.


MySQL tersedia pada sebagian besar paket web hosting, baik itu pada UNIX atau Windows. MySQL bersifat open source dan tidak memerlukan lisensi per pengguna, jadi biasanya menawarkan lebih banyak instance yang tersedia untuk akun Anda. Hal ini penting agar Anda dapat memiliki pemisahan data dalam situs web Anda.   Misalnya, situs web Anda mungkin memiliki basis data untuk sistem manajemen konten, blog di dalam CMS, katalog barang yang dijual, dan aplikasi keranjang belanja. Anda dapat mendorong semua aplikasi tersebut untuk menggunakan satu instance dalam database, tetapi Anda mungkin memiliki masalah kompatibilitas jika salah satu aplikasi tersebut memerlukan informasi koneksi database khusus, atau tabrakan nama tabel di antara aplikasi. Berbagi instance antar aplikasi juga merupakan risiko keamanan, karena salah satu bagian dari situs web Anda dapat diretas sehingga mengekspos semua data yang disimpan, termasuk informasi keuangan pengguna. Jika Anda menjalankan beberapa situs web maka masalah, tabrakan, dan risiko keamanan ini akan diperparah. Pemisahan aplikasi ke dalam instance database yang berbeda adalah penting.


MSSQL tersedia pada sebagian besar paket hosting Windows, tetapi biasanya sedikit lebih mahal karena pembatasan lisensi komersialnya, dan biasanya memiliki instance dan ruang disk yang lebih rendah. Tetapi beberapa aplikasi situs web dibuat untuk memanfaatkan rangkaian fiturnya, jadi Anda mungkin memerlukan ini sebagai basis data Anda. Anda masih bisa memanfaatkan MySQL dengan sebanyak mungkin aplikasi yang Anda bisa, tidak ada alasan mengapa satu situs web tidak bisa menggunakan beberapa database yang berbeda.


MSAccess adalah database yang tersedia secara terbuka untuk Windows yang lebih merupakan database level file dan bukan server khusus yang menjalankannya. MSAccess menyediakan penyimpanan yang memadai untuk penggunaan database yang lebih ringan, tetapi tidak akan cukup untuk kebutuhan penyimpanan data yang lebih besar.


Meneliti kebutuhan aplikasi yang ingin Anda jalankan di situs web Anda, dan merencanakan persyaratan basis data yang diperlukan untuk masing-masing aplikasi, akan mengarahkan Anda pada kesimpulan paket hosting mana yang akan digunakan berdasarkan kebutuhan basis data ini.


9. Panel Kontrol


Panel kontrol akan menjadi lokasi Anda akan mengelola semua detail akun web hosting Anda. Semua penyedia memberikan Anda panel kontrol berbasis web yang mudah digunakan dan memberikan bantuan yang cukup untuk memahami semua fitur-fiturnya sehingga Anda dapat menghindari memanggil mereka untuk meminta bantuan.


Namun, penyedia web hosting akan bervariasi dalam jenis panel kontrol yang mereka sediakan. Dua panel kontrol utama adalah cPanel dan Plesk, yang ditemukan pada sekitar 80% penyedia. 20% sisanya memberi Anda panel kontrol yang dibuat khusus. cPanel dan Plesk sangat populer karena mereka menyediakan utilitas manajemen yang kaya fitur langsung di luar kotak dan keduanya dapat dicap agar tampak seperti halaman penyedia hosting, tetapi harganya mahal untuk dilisensikan. Keduanya bekerja pada akun yang di-host UNIX dan Windows dan memungkinkan pengelolaan lengkap konfigurasi sistem operasi yang mendasarinya, konfigurasi server web, konfigurasi situs web, email, ftp, DNS, dll.


Jika Anda baru mengenal web hosting maka tidak masalah dengan panel kontrol yang Anda pilih, tetapi jika Anda sudah terbiasa dengan cPanel atau Plesk, Anda mungkin lebih suka memilih penyedia hosting yang memberi Anda panel kontrol yang Anda sukai.


Jika Anda tertarik untuk menjadi reseller hosting, maka Anda akan ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan lisensi yang diberikan kepada Anda untuk akun reseller Anda melalui penyedia web hosting sehingga Anda dapat memberi merek dan memberikannya kepada pelanggan sub-host Anda (dan tidak membuat mereka menghubungi Anda dengan kebutuhan konfigurasi).


Banyak orang di internet merekomendasikan untuk menghapus cPanel dan Plesk dari server pribadi virtual Anda karena keduanya dapat menjadi bandwidth, CPU, dan ruang disk yang besar. Salah satu manfaat besar dari server pribadi virtual adalah dapat masuk sebagai root atau administrator dan mengelola sistem operasi dan server web secara langsung, menghilangkan kebutuhan untuk mengaburkan tugas-tugas tersebut ke dalam GUI web. Tentu saja Anda harus lebih tertarik secara teknis untuk melakukan tugas-tugas itu sendiri, atau Anda dapat membayar beberapa dolar lebih banyak sebulan dan mendapatkan paket VPS yang dikelola.


10. Aplikasi / Pemrograman


Apa pun jenis situs web yang Anda rencanakan untuk dibangun, kemungkinan besar Anda akan menggunakan beberapa paket yang sudah dibangun sebelumnya sebagai fondasi situs Anda. Paket pra-bangun dibangun dengan semacam bahasa pemrograman atau skrip. Mereka mungkin menggunakan PHP, PERL, Python, Java, Ruby, ASP, ASP.Net, atau Coldfusion. Sebagian besar bahasa-bahasa ini berjalan pada sistem operasi apa pun, kecuali ASP dan ASP.Net, keduanya adalah teknologi Microsoft yang membutuhkan windows (dan aplikasi mungkin membutuhkan IIS dan database MSSQL juga). PHP, PERL, Python, dan Java adalah lintas platform, tetapi UNIX menjalankannya sedikit lebih cepat daripada Windows dan biasanya merupakan paket yang sedikit lebih murah. Ruby adalah bahasa UNIX saja, dan dapat disebut sebagai Ruby on Rails. Tidak semua penyedia web hosting memberikan akses ke semua bahasa ini dengan semua paket mereka - pastikan Anda berbelanja dengan hati-hati untuk memastikan host dan paket yang Anda beli memiliki bahasa yang Anda butuhkan.


Aplikasi yang Anda putuskan untuk dijalankan akan memberi tahu Anda apa persyaratannya. Bahkan, penyedia web hosting akan memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk menginstal aplikasi dari panel kontrol, yang membuatnya sangat mudah untuk bangun dan berjalan dengan instalasi dasar aplikasi apa pun yang Anda pilih. Saat ini semua penyedia web hosting memungkinkan Anda untuk memulai dan menjalankan instalasi dasar dari mesin blog yang paling umum dan sistem manajemen konten dalam beberapa menit setelah pembelian.


Jika Anda tertarik dengan blog, bacalah WordPress dan BlogEngine.Net. Jika Anda tertarik pada sistem manajemen konten, baca tentang Joomla, Drupal, DotNetNuke, dan mojoPortal. Untuk forum pesan, bacalah aplikasi PHPBB dan YetAnotherForum. Ada lebih banyak lagi aplikasi yang sudah dibangun sebelumnya untuk membantu Anda bangun dan berjalan termasuk keranjang belanja, manajemen daftar surat, alat pembuat web, dan basis data katalog.


Kesimpulan


Saya harap artikel ini memberi Anda pemahaman yang cukup untuk membuat keputusan yang bijak ketika memilih paket web hosting. Selamat berbelanja!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]